Program Wakasek Kurikulum

A. LATAR BELAKANG

Penjelasan PP Nomor 19 Tahun 2005 ayat (2) dan (3) menyebutkan bahwa dengan diberlakukannya Standar Nasional Pendidikan, maka Pemerinah memiliki kepentingan untuk memetakan sekolah/madrasah menjadi sekolah/madrasah yang sudah atau hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan dan sekolah/madrasah yang belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Penjelasan tersebut memberikan gambaran bahwa kategori sekolah standard dan mandiri didasarkan pada terpenuhinya delapan Standar Nasional Pendidikan (standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan).
Dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan Nasional, Pemerintah telah menerbitkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Visi Pendidikan Nasional adalah “mewujudkan sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia agar berkembang dan menjadi manusia berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah”.
Sementara itu misi Pendidikan Nasional adalah (1) mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh warga Negara Republik Indonesia (2) meningkatkan mutu pendidikan yang mempunyai daya saing di tingkat nasional, regional dan internasional (3) meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuahan masyarakat dan tantangan global (4) membantu dan memfasilitasi pengembangan anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dan rangka mewujudkan masyarakat belajar (5) meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalisasi pembentukan kepribadian yang bermoral (6) meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pemberdayaan ilmu pengetahuan, ketrampilan, pengalaman, sikap dan nilai yang berdasarkan standar yang bersifat nasional dan global, dan (7) mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk mewujudkan visi serta menjalankan misi pendidikan nasional tersebut, diperlukan suatu acuan dasar oleh setiap penyelenggara satuan pendidikan yang antara lain meliputi kriteria minimal berbagai aspek yang terkait dengan penyelenggara pendidikan. Acuan dasar tersebut diatas merupakan standar nasional pendidikan yang dimaksudkan untuk memacu pengelola, penyelenggara dan satuan pendidikan agar dapat meningkatkan kinerja dalam memberikan layanan pendidikan yang bermutu. Standar Nasional pendidikan sebagai penjabaran visi dan misi pendidikan nasional tertuang di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pada hakikatnya Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Republik Indonesia. Dalam Standar Nasional Pendidikan memuat kriteria minimal tentang komponen pendidikan yang memungkinkan setiap jenjang dan jalur pendidikan untuk mengembangkan pendidikan secara optimal sesuai dengan karakteristik dan cirri khas prgramnya. Sebaaimana kita ketahui bahwa Lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan. Selain itu, standar nasional pendidikan juga dimaksudkan sebagai perangkai untuk mendorong terwujudnya transparansi dan akuntabilitas public dalam penyelenggaraan sisem pendidikan nasional.

B. DASAR HUKUM
Dasar hukum kerja urusan kurikulum SMA Negeri 1 Nyalindung adalah :
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peaturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006, tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah
4. Peraturan Menteri pendidikan Nasonal Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006, tentang Standar Kompeensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
5. Program Kerja Sekolah

C. TUJUAN
Program kerja ini bertujuan :
1. Mendorong warga sekolah untuk dapat menyelenggarakan proses pembelajaran agar pendidikan memenuhi/hamper memenuhi standar nasional pendidikan
2. Memberikan arahan upaya-upaya untuk dapat dilakukan warga sekolah untuk dapat memenuhi/hamper memenuhi standar nasional pendidikan

3. Memberikan arahan kepada warga sekolah untuk mewujudkan sekolah kategori mandiri dalam kurun waktu tertentu, diantaranya melalui supervise dan evaluasi
4. Menjalin kerjasama dan meningkatkan peran serta stakeholder pendidikan

D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan dari program kurikulum tersebut adalah :
1. Adanya sejumlah warga sekolah yang terdorong untuk melakukan upaya-upaya menyelenggarakan pendidikan yang memenuhi/hamper memenuhi standar nasional pendidikan
2. Terjalinnya kerjasama dan terlaksananya peran serta warga sekolah di SMA Negeri 1 Nyalindung sesuai tugas dan perannya masing-masing

E. SASARAN
Sasaran Program Kerja Kurikulum adalah seluruh warga SMA Negeri 1 Nyalindung yaitu Pimpinan, Wakasek, Pegawa dan Siswa keas X sampai dengan Kelas XII SMA Negeri 1 Nyalindung.

F. PELAKSANAAN
Peaksanaan kegiatan Kurikulum seluruh komponen dan warga SMA Negeri 1 Nyalindung yang dikoordinir oleh Wakasek Kurikulm

G. SISTEMATIKA
Sistematika progam kerja urusan kurikulum ini terdiri dari :
BAB I, PENDAHULUAN, meliputi Latar Belakang, Dasar Hukum, Tujuan, Hasil yang diharapkan, Sasaran, Pelaksanaan dan Sistematika
BAB II, PROFIL SEKOLAH, meliputi Identitas sekolah, Profil Kepala Sekolah, Visi dan Misi Sekolah, Tujuan Sekolah dan Kurikulum Sekolah
BAB III, PROGRAM URUSAN KURIKULUM, meliputi persiapan, alur kegiatan, pelaksanaan, kegiatan pendukung dan pembiayaan
BAB IV, PENUTUP, meliputi kesimpulan dan harapan.
Lampian-lampiran.






BAB II
PROFIL SMA NEGERI 1 NYALINDUNG

A. IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 NYALINDUNG
Alamat Sekolah :. JL. RANCABALI KERTAANGSANA
Telpon/Fax : 0266480336
Kode Pos : 480196
Email : smanyalindung@gmail.com
Website : smanyalindung.blogspot.com
Propinsi : JAWA BARAT
Kabupaten : SUKABUMI
Kecamatan : NYALINDUNG
Desa/Kelurahan : KERTAANGSANA

B. PROFIL KEPALA SEKOLAH
Nama Kepala Sekolah : Drs. DAMAN SUDARMAN, M.Pd
Pendidikan Terakhir : S 2 ( Program Magister Pendidikan )
Konsentrasi

1. Pendidikan dan Pelatihan
NO. NAMA / JENIS DIKLAT TEMPAT WAKTU PELAKSANAAN
(...... jam) PENYELENG¬-GARA SKOR
(diisi penilai)
a. Penataran Tertulis tipe A, Karya Tulis Ilmiah Bandung Tahun 2002
(600 Jam) PPPG Tertulis
b. Diklat Implementasi Kurikulum 2004 Bandung 28 juli-4 Agustus 2005
(82 Jam) LPMP JABAR
c. MGMP Bahasa Indonesia Tingkat Provinsi Jabar Bandung 23-30 Juli 2004
(60 jam) Dinas Pendidikan Provinsi
d. MGMP Bahasa Indonesia Tingkat Provinsi Jabar Bandung 10-13 Agustus 2003
(30 Jam) Dinas Pendidikan Provinsi
e. Pelatihan pengelolaan Perpustakaan Bandung 9-23 Agustus 1999
(120 Jam) Dirjen Dikdasmen
f. Penataran tutor Daerah Guru Bhs. Indonesia Bandung 24-27 Mei 1998
(60 Jam) Kanwil Depdikbud Jabar
g. Pelatihan MGMP Bahasa Indonesia Bandung 1997/1998
(84 Jam) Kanwil Depdikbud Jabar
h. Penataran tutor Daerah Guru Bhs. Indonesia Bandung 11-20 Agustus 1997
(100 Jam) Kanwil Depdikbud Jabar
i. Pelatihan Guru (MGMP) Bahasa Indonesia Bandung 1996/1997
(192 Jam) Kanwil Depdikbud Jabar


Karya Pengembangan Profesi
a. Karya Tulis
NO. JUDUL JENIS *) PENERBIT TAHUN TERBIT SKOR
(diisi penilai)
1) INTISARI B AHASA DAN SASTRA INDONESIA SMA Buku Pustaka Setia
Bandung 2005
2) Kebijakan Strategis Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional Artikel Majalah Bhineka karya Winaya
Dinas pendidikan
Prov, Jabar 2009
3) Tekinik Penulisan karangan ilmiah: Bahan pengayaan untuk Siswa SMA Diktat SMA Negeri 1 Cisaat 2005



a. Penelitian
NO. JUDUL TAHUN SUMBER DANA STATUS (KETUA/ANGGOTA) SKOR
(diisi penilai)
1) STRATEGI ACTION LEARNING DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI 2006 Swadana Ketua

C. VISI DAN MISI SEKOLAH
Visi Sekolah :
“ Unggul dalam prestasi, inovatif dan membentuk Insan yang berakhlak mulia “
Misi SMA Negeri 1 Nyalindung :
1. Membentuk warga sekolah meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT
2. Menumbuhkan warga sekolah untuk mewujudkan budaya Islami di lingkungan sekolah
3. Membentuk warga sekolah untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu menghasilkan prestasi akademik dan non akademik
4. Membentuk warga sekolah yang mencintai kegiatan ekstrakurikuler
5. Mendorong warga sekolah untuk memiliki kemampuan melakukan inovasi, memanfaatkan ICT dalam pembelajaran
6. Membentuk warga sekolah agar memupuk rasa solidaritas, cinta damai di lingkungan sekolah

D. TUJUAN SEKOLAH
Tujuan SMA Negeri 1 Nyalindung Kabupaten Sukabumi adalah :
1) Tujuan Umum
Tujuan kurikulum SMA Negeri 1 Nyalindung dikembangkan untuk mempersiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas, mempunyai kompetensi pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Para siswa diharapkan mempunyai keunggulan untuk bersaing secara global, mampu mengendalikan diri dan memanfaatkan perubahan-perubahan yang bermakna bagi kehidupan.
Kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa SMA Negeri 1 Nyalindung antara lain :
a. Kompetensi personal, berhubungan dengan kemampuan mengembangkan diri, seperti meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, bertanggung jawab, disiplin dan mandiri;
b. Kompetensi Akademik, berhubungan dengan kemampuan untuk menguasai dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
c. Kompetensi Sosial, berhubungan dengan kemampuan beradaptasi dalam lingkungan dan masyarakat;
d. Kompetensi okupasional, berhubungan dengan kemampuan berkarya dan menghasilkan barang atau jasa yang diperlukan bagi dirinya, masyarakat sekitar, bangsa dan Negara.



Kompetensi tersebut harus dicapai siswa SMA Negeri 1 Nyalindung melalui tahapan :
a. Kompetensi dasar, kompetensi setelah siswa menyelesaikan aspek atau sub aspek mata pelajaran tertentu;
b. Kompetensi rumpun, setelah siswa menyelesaikan rumpun mata pelajaran tertentu;
c. Kompetensi lintas kurikulum, setelah siswa menyelesaikan beberapa kompetensi dasar dari rumpun mata pelajaran yang sama atau dari beberapa rumpun mata pelajaran;
d. Kompetensi tamatan, setelah siswa menyelesaikan suatu jenjang tertentu.

2) Tujuan Khusus
Pada Tahun 2013 SMA Negeri 1 Nyalindung :
1. Kulifikasi Sekolah menjadi SSN
2. Rata-rata KKM 7,3
3. Rata-rata Nilai Ujian Nasional 9,00
4. Menjadi juara OSN Bidang MIPA tingkat Kabupaten Sukabumi
5. Menjadi juara O2SN Bidang Volly Ball tingkat Kabupaten Sukabumi
6. Menjadi Juara O2SN bidang footsal tingkat Kabupaten Sukabumi
7. Menjadi Juara bidang seni musik tingkat Kabupaten Sukabumi

E. KURIKULUM SEKOLAH
Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Program yang sudah dilaksanakan :
1. Menyusun Kurikulum (KTSP) SMA Negeri 1 Nyalindung
2. Melaksanakan Pembelajaran menurut KTSP sesuai standar Isi
3. Menyusun Silabus KTSP semua mata pelajaran
4. Menyusun Rancanagan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk semua mata pelajaran
5. Membuat kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran
6. Menyusun Laporan Analisis Konteks
7. Membuat Analisa Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk semua mata pelajaran
8. Membuat Analisa Standar Kompetensi Lulusan Mata pelajaran
9. Membuat kalender Pendidikan Tahun pelajaran 2010-2011
10. Membuat program tahunan dan program semester semua mata pelajaran
11. Membuat model-model pembelajaran
12. Membuat bahan ajar berbasis ICT berupa presentasi power point
13. Menyiapkan format-format pembelajaran dan penilaian



BAB III
PROGRAM URUSAN KURIKULUM

A. PERSIAPAN
Urusan Kurikulum dalam sebuah sekolah diibaratkan urat nadi, jika hal penting ini tidak berfungsi maka semua sistem dalam sekolahpun tidak berfungsi. Agar tidak terjadi hal ini, maka urusan kurikulum SMA Negeri 1 Nyalindung menyusun program kerja yang dapat dijadikan pedoman dan acuan untuk melaksanakan kegiatan yang paling utama di sekolah yaitu Kegiatan Belajar Mengajar. Dalam kegiatan persiapan ini, diawali dengan gambaran alur kegiatan seperti terlihat berikut :

Alur Kegiatan

Alur kegiatan Kurikulum secara umum adalah sebagai berikut :
12 Juli 2011 Agustus 2011 September 2011



Disusun Wakasek Urlum terdiri dari : * Guru Mata Pelajaran * Guru mata pelajaran
• Program kerja
Januari-Juni 2012 Desember 2011 Juli-Nopember 2011



Guru Mata pelajaran * Guru mata pelajaran, wali kelas, * Guru mata pelajaran
Dan Urusan Kurikulum
Maret 2012 April-Mei 2012 Juni 2012



• Guru mata pelajaran * Panitia dan siswa * Guru mata pelajaran
Juli 2012



* Kepala sekolah, Panitia, Wakasek


B. PELAKSANAAN
Proses kegiatan belajar mengajar dan pembelajaran di SMA Negeri 1 Nyalindung menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mengacu pada Kalender Pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan telah dibahasakan oleh SMA Negeri 1 Nyalindung dan disusun serta disesuaikan dengan keadaan dan iklim SMA Negeri 1 Nyalindung.
Tahun pelajaran 2011-2012 SMA Negeri 1 Nyalindung mempunyai rombongan belajar berjumlah 9 (Sembilan) rombongan belajar, terdiri dari 3 rombongan belajar kelas X, 3 rombongan belajar kelas XI (1 rombongan belajar program studi IPA, 2 rombongan belajar program studi IPS) dan 3 rombongan belajar kelas XII (1 rombongan belajar program studi IPA, 2 rombongan belajar program studi IPS), untuk selanjutnya dapat dilihat dalam kalender pendidikan, jadwal pelajaran, rencana program kegiatan urusan kurikulum, program kegiatan intrakurikuler terlampir.

C. KEGIATAN PENDUKUNG
Untuk meningkatkan pengalaman, pemahaman dan pengetahuan, siswa pada materi ajar yang didapatkan di sekolah maka dipandang perlu untuk menginstal ketiga hal tersebut (P3) dalam suatu kegiatan yang mendukung kegiatan intrakurikuler atau sering disebut dengan kegiatan kokurikuler dalam bentuk observasi.
Khusus untuk kelas XII urusan kurikulum merencanakan kegiatan yang disebut pendalaman materi Ujian Nasional (mata pelajaran yang di Ujian Nasional-kan) yang terdiri dari :
a. Program IPA : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia
b. Program IPS : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Geografi, Sosiologi

Kegiatan pendalaman materi akan dilaksanakan awal Januari 2011 (awal semester genap) dan diakhiri pada bulan Maret 2011, ditindak lanjuti dengan Try Out / Uji Kompetensi (2 kali dilaksanakan sekolah dan 1 kali dlaksanakan bersama se kabupaten sukabumi).

D. PEMBIAYAAN
Semua kegiatan kurikulum SMA Negeri 1 Nyalindung, didanai anggaran pendapatan dan belanja sekolah tahun 2011-2012 (alokasi dana terlampir).




BAB IV
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Urusan kurikulum memegang peranan penting dalam menjalankan roda Kegiatan Belajar Mengajar pada satu sekolah, oleh karenanya peril disusun sebuah program kerja yang dapat dijadikan acuan dan pedoman warga sekolah khususnya warga SMA Negeri 1 Nyalindung dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar.
Tahun pelajaran 2011-2012 SMA Negeri 1 Nyalindung menyusun KTSP sebagai pedoman untuk melaksanakan KBM sesuai dengan bimbingan dari Direktorat.

B. HARAPAN
Hasil yang diharapkan dari program kurikulum tersebut adalah :
1. Adanya sejumlah warga sekolah yang terdorong untuk melakukan upaya-upaya menyelenggarakan pendidikan yang memenuhi/hamper memenuhi standar nasional pendidikan
2. Terjalinya kerjasama dan terlaksananya peran serta warga sekolah di SMA Negeri 1 Nyalindung sesuai tugas dan perannya masing-masing

Demikian program ini disusun untuk dijadikan pedoman semua pihak yang terkait. Dan semoga apa yang diprogramkan dapat terlaksana. Amin.


Nyalindung, Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Urusan Kurikulum,


Drs. DAMAN SUDARMAN, M.Pd TINI AGUSTINI, S.Pd
NIP. 195702071986121003 NIP. 196708012007012010



Untuk mendownload program silahkan anda klik disini